30 Nov

Program StudiI PGSD UMLA, Sukses Menyelenggarakan Pagelaran Seni dan Budaya Tahun 2023

 

     Program studi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) universitas Muhammadiyah lamongan (UMLA) sukses dalam menyelenggarakan Pagelaran seni dan Budaya yang sangat meriah dan berunsur sangat berbudaya pada hari selasa 25 Juli 2023 dengan tema “Membumi dengan budaya melangit dengan kreativitas” pagelaran seni dan budaya ini merupakan pagaleran yang kedua yang diadakan oleh mahasiswa semester 6 angkatan 2020.

         Acara pagelaran seni dan budaya ini digelar di auditorium budi utomo, universitas Muhammadiyah lamongan. Pada pagelaran seni dan budaya ini menampilkan  seni drama, music dan tari yang sangat menarik dan memukau penonton. Selain mahasiswa yang tampil, pihak dosen pun ikut memeriahkan dengan menampilkan pertunjukkan seni yang sangat memukau.

       Banyak pihak yang menghadiri acara pagelaran seni dan budaya ini, termasuk seluruh mahasiswa pgsd umla, para dosen, dekan FSTP, wakil rektor 1, wakil rektor 2 dan mahasiswa asing yang mengikuti summer course umla 2023 turut hadir menyaksikan.

      Kaprodi PGSD UMLA, A.F. Suryaning Ati MZ,M.Pd., pada saat membawakan sambutan mengungkapkan  tujuan diadakan pagelaran seni dan budaya ini adalah untuk mengasah keterampilan mahasiswa dalam bidang seni drama, musik dan tari serta pagelaran seni dan budaya ini adalah luaran dari mata kuliah pendidikan seni musik dan suara program studi PGSD Umla. Selain itu beliau juga berharap agar mahasiswa ketika terjun di sekolah dasar mampu mengajar dengan baik serta memiliki keahlian di bidang seni.

          Para penonton turut menyaksikan pagelaran seni dan budaya ini dengan gembira dan merasa terhibur. Gemuruh tepuk tangan dari penonton mengiringi setiap penampilan yang memukau. Berbagai jenis seni di tampilkan di atas panggung, seperti tari saman, tari tor-tor, tari sesonderan, tari manuk dadali dan tari glipang. Pada pementasan seni musik di tampilkan seni dengan membawa lagu seperti Hymne guru, lir-ilir, satu nusa satu bangsa, prau layer, ibu kita kartini, ibu pertiwi dan gambling suling. Tidak ketinggalan pementasan yang paling menarik adalah pementasan seni drama yaitu legenda banyuwangi, matahari di sebuah jalan yang kecil serta jaka tarub dan 7 bidadari.