04 Dec

KEGIATAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN 1 MAHASISWA S1 PGSD

Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar memiliki kegiatan diluar mata kuliah yakni salah satunya adalah PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan). Kali ini yang mengikuti kegiatan PLP adalah mahasiswa PGSD semester 5.

Sekolah yang dijadikan tempat oleh mahasiswa PGSD ada 8 sekolah antara lain MI Muhammadiyah 1 Sukodadi, SDN Made 4, SD Muhammadiyah 1 Sidoharjo, MI Muhammadiyah 1 Payaman, SD Muhammadiyah 1 Babat, SDN Tambakrigadung 2, SD Muhammadiyah 1 Taman-Sidoharjo, SD Muhammadiyah 2 Taman-Sidoharjo.

Yang dilakukan mahasiswa PGSD UMLA saat kegiatan tersebut yakni mengobservasi mengenai sistem pembelajaran yang digunakan di sekolah tersebut, mengobservasi apa saja ekstrakurikuler, intrakurikuler, dan kokurikuler, mengobservasi mengenai sarana dan prasana, metode pembelajaran yang digunakan, dan apakah sudah benar cara yang dilakukan guru ketika ada murid yang kesusahan menerima pembelajaran yang disampaikan.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 minggu berturut-turut. Mahasiswa tidak hanya sekedar observasi melainkan juga harus membuat laporan mengenai apa saja yang sudah di observasi di sekolah tersebut. Laporan tersebut kemudian dipaparkan kepada dosen dan mahasiswa lainnya.

Related Posts